Selasa, 15 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

Zola Berikan Apresiasi "Telusur Jejak Leluhur" Didominasi Anak Muda Berbakat

Minggu, 07 Januari 2018 21:06:22 wib
Foto: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli, S.Tp, MA berikan apresiasi tinggi atas pergelaran Telusur Jejak Leluhur karena melibatkan generasi muda sebagai pewaris kebudayaan melayu Jambi.

"99 persen didominasi oleh generasi muda, sebagai pewaris kebudayaan melayu Jambi, merekalah yang akan menggali dan mengembangkannya dengan kreativitas dan inovasi baru seiring dengan perkembangan zamannya, tetapi tidak meninggalkan akar kebudayaaannya sendiri. Dengan demikian kita berharap, kedepan eksistensi kebudayaan melayu Jambi akan tetap hidup ditengah-tengah masyarakatnya," Puji Zola, (Minggu, 07/12/18).

Malam Apresiasi seni melayu Jambi dengan tema Tanah Berpijak Budaya Berjejak tersebut berlangsung di Ratu Convention Center (RCC), yang dihadiri para tamu undangan dan berbagai elemen masyarakat.

"Saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, yang merupakan implementasi dan pertanggungjawaban Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, khususnya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan. Di atas itu, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap karya seni dan menjadi ajang promosi seni budaya serta amanah visi Jambi TUNTAS, khususnya di misi Ke-2 yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender" Ungkap Zola.

Menurut Zola, kegiatan ini adalah salah satu upaya pengembangan ekonomi kreatif yang dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun provinsi Jambi. Dalam mempromosikan potensi seni budaya daerah dan pariwisata provinsi Jambi. Tentunya harus dimanfaaatkan oleh para pelaku seni di Jambi dengan meningkatkan kualitas karya seninya.

"dengan kualitas dan kereativitas seni budaya dan alam yang unggul, kita harapkan kegiatan ini brsama dengan berbagai event pariwisata lainnya di provinsi Jambi, seperti festival danau kerinci, geopark merangin, mandi syafar sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan." Terang Zola.

Pertunjukan bertajuk Tanah berpijak budayo berjejak "Telusur jejal leluhur" merupakan kolaborasi musik, tari, lagu dan puisi yang didukung oleh 80 orang pelaku seni yaitu Sendratasik Universitas Jambi, sanggar mindulahin, sanggar chanpi heritage, sanggar pinang selayang, teater tonggak, teater AiR, choirs amuni GBN dan tim kesenian gubernuran Jambi.

"ini merupakan satu bentuk persembahan dari TBJ sebagai UPTD dinas kebudayaan dan pariwisata Jambi untuk ulang tahun provinsi ke-61. Kita sajikan secara kolaborasi dengan melibatkan berbagai sanggar dan komunitas seni di Jambi," Ungkap Didin Sirojudin S.Sn selaku Sutradara pada pertunjukan ini.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top