Jumat, 23 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Wujudkan Semangat Generasi Muda, Kemhan RI Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

Senin, 05 Agustus 2019 15:42:49 wib
Kepala Perwakilan Kemhan RI Provinsi Jambi, Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Wujudkan semangat generasi muda yang cinta tanah air da bela negara sebagai dasar penggerak industri kreatif, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI), Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Jambi menggelar Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Se-Provinsi Jambi, di Kota Jambi (Minggu, 4/08/2019).

Dalam Sambutannya Kepala Perwakilan Kemhan RI Provinsi Jambi, Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP, menuturkan bahwa dengan semangat kebangsaan yang tinggi serta penuh rasa tanggung jawab berharap kepada semua pihak terkait untuk dapat lebih memprioritaskan serta mewaspai derasnya tantangan dan ancaman kedepan yang akan bangsa hadapi, sehingga diperlukan adanya penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada generasi muda dalam bentuk karya nyata anak bangsa.

"Hal ini guna menjaga eksistensi dan tegaknya NKRI serta menjamin keselamatan bangsa dari berbagai tantangan dan ancaman yang akan dihadapi dimasa yang akan datang. Kita semua yang hadir di ruangan ini merupakan generasu penerus perjuangan para pahlawan pendiri NKRI. Kita semua adalah pewaris utama nilai-nilai proklamasi dan kemurnian nilai-nilai pancasila, Kita berkewajiban melanjutkan dan mewujudkan cita-cita proklamasi, yakni Masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila," Terang Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP.

Kepala Kanwil Kemhan RI, dari Lomba PCTA diharapkan mampu membentuk karakter generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa untuk dapat berkreatif dan berinovatif yang siap menghadapi hambatan, ancaman dan rintangan di daerah masing-masing.

"Saya mengucapkan selamat kepada yang berhasil menjadi juara. Tugas dan tantangan kedepan dalam waktu dekat adalah perlombaan tingkat pusat yang akan berlangsung 9 s.d 13 September 2019. Oleh karenany seiapkan diri kalian untuk menghadapinya dalam rangka mewakili provinsi Jambi. Untuk yang belum menang jangan berkecil hati masih ada kesempatan dimasa mendatang, pada dasarnya saya bangga kepada semua yang telah mengikuti lomba karena pada diri kalian semua adalah pemenang dan berani menampilkan karya inovatif dan kreatif," Pesan Kolonel Inf Asep Joko Ruchwarsito SIP.

"Mari kita sama-sama tingkatkan dan terus pelihara koordinasi dan komunikasi yang sudah terjalin ini, agar dapat mensinergikan tugas, peran dan fungsi kita masing-masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawab," Tambahnya mengakhiri kata sambutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendiidkan Provinsi Jambi, Agus Herianto SH dalam kata sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas, Ammar Sholahuddin SE MMAsampaikan apresiasinya kepada Kemhan RI atas terlaksananya kegiatan Lomba PCTA.

"Setiap pemuda Indonesia merupakan faktor penting yang sangat diandalkan oleh bangsa ini dalam mewujudkan cita-cita dan juga mempertahankan kedaulatan bangsa. Memang untuk mewujudkan itu ada banyak permasalahan seperti menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkoba. Lomba PCTA menjadi salah satu program untuk menyampaikan pesan pembentukan karakter kepada generasi muda Indonesia, guna meningkatkan daya saing bangsa serta ketahanan bansga dan negara yang kita cintai bersama," Ujar Sekdis, Ammar Sholahuddin SE MMA

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dari kanwil Kemhan provinsi Jambi, kepada dewan juri, moderator dan seluruh peserta lomba telah hadir. Semoga kehadiran ini dapat lebih meningkatkan silaturahmi diantara kita semua," Tutupnya.

 


(Hendry Noesae)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top