Selasa, 17 September 2019 |
Hukum

Warga Melaporkan di Lubuk Napal Sarolangun Diduga 'Marak Illegal Drilling' Benarkah,?

Sabtu, 29 Juni 2019 14:33:14 wib

JAMBIDAILY HUKUM - Warga keluhkan adanya dugaan aktivitas Illegal Drilling atau Penambangan Minyak Ilegal di Desa Lubuk Napal Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun, pemerintah dan aparat penegak hukum dianggap belum bertindak secara tegas atas kegiatan yang sempat di tutup.

Salah satu warga membenarkan kepada jambidaily.com (Sabtu 29/06/2019) setelah ditunjukkan foto-foto dari Foto-foto berasal dari Warganet, juga Info Seputar Jambi, yaitu akun media sosial Instagram ternama dalam penyampaian informasi tentang provinsi Jambi (Jum'at, 28/06/2019).

"Banyak disana ada dalam wilayah PT T (sengaja diinisialkan redaksi) dan pernah di tutup semua lubang sumur tambang tapi sekarang makin banyak, diduga kadesnya juga ikut main. Satu sumur bisa dapat 30 drum, disana ada sekitar 50 sumur. Hasil sumur diolah di lubuk Napal dan di jual ke daerah Jambi," Jelas sumber.

Dari informasi yang digali, ada PT K (sengaja diinisialkan redaksi) yang diduga turut terlibat dalam permainan tambang ilegal itu "Iya Terlibat, itu tenaga ahlinya bukan dari Jambi namun provinsi tetangga, Nyebar di sejumlah titik tapi masih satu desa, kecamatan pauh. Dulu sudah pernah ditutup, namun 2018 hingga sekarang kembali ramai," Jawabnya.

Lebih lanjut terkait dugaan keterlibatan PT T dan PT K, sumber belum membeberkan secara gamblang karena lokasi penambangan minyak tersebut berada diantara tiga perusahaan yang berdekatan.

"PT T hanya dapat wilayah saja mereka ada izin usaha, mungkin pada saat di tambang itu ketika dihitung penghasilannya tidak sesuai lalu ditinggal. Rupanya ada yang menggarap secara diam-diam, sedangkan PT K bisa jadi hampir sama karena berdekatan. Kami pernah melakukan survey, ada sekitar 2000 hektar di wilayah itu tidak bertuan berbatasan dengan PT T, PT K juga PT S, para pemain ada diantara perbatasan.

Saat disinggung keterlibatan dengan Aparat,? "Nilai sendiri saja," Pungkas sumber tertawa, sambil meminta namanya dirahasikan. 

Disamping itu, Hingga Informasi ini di publikasi, jambidaily.com belum melakukan konfirmasi kepada pihak-pihak terkait dan aparat penegak hukum yang berkompeten atas laporan warga tersebut.

 

Berikut Foto-foto Aktivitasnya:

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top