Selasa, 17 September 2019 |
Ekonomi

Turun ke Sawah, Bupati Merangin Tebar Benih Padi dan Ikan di Seling

Selasa, 03 Oktober 2017 05:47:22 wib
Photo: Humas Pemkab Merangin

JAMBIDAILY MERANGIN, Ekonomi - Bupati Merangin H Al Haris, kemarin (Senin, 02/10/17), menebar benih padi dan benih Ikan Semah di Desa Seling Kecamatan Tabir. Acara doa turun ke sawah itu, dihadiri ratusan petani dan masyarakat.

Dikatakan bupati doa turun ke sawah adalah tradisi masyarakat secara turun temurun di lakukan setiap tahunnya. 

"Jadi setiap akan turun ke sawah menanam padi secara serentak ada tradisi doa bersama,’’ujar Bupati.

Tujuannya lanjut bupati, agar padi yang ditanam berisi dan hasil panennya nanti bisa memuaskan. Bupati berharap acara tradisi doa turun ke sawah itu dapat terus dilakukan dan dilestarikan.

Pada kesempatan itu bupati memberikan bantuan berbagai jenis alat pertanian, seperti handtraktor dan benih padi kepada para kelompok tani di Desa Seling Kecamatan Tabir.

Ada seluas 394 hektar sawah yang akan ditanami serentak oleh masyarakat di kawasan tersebut. Setiap hektarnya diperkirakan dapat menghasilkan gabah kering giling sebanyak 5,5 ton.

‘’Jika beras sudah ada dan tidak perlu lagi membeli, kita tinggal menanam cabe saja di perkarangan rumah dan sayur-sayuran, maka amanlah dunia ini. Untuk menanam cabe saya telah luncurkan program Gema Watanabe,’’ Terang Bupati.

Program Gemar masyarakat wajib tanam cabai (Gema Watanabe) jelas bupati, memberikan bibit cabai kepada masyarakat untuk ditanam di perkarangan rumahnya masing-masing, sehingga kebutuhan cabai dapat terpenuhi.

Sebelum menebar benih padi untuk disemai di sawah, bupati juga sempat menabur benih Ikan Semah di Sungai Batang Tabir yang melintas di Desa Seling. ‘

’Saat ini sungai-sungai kita sudah krisis ikan, makanya perlu diterbar benih ikan,’’ Jelas Bupati lagi. (Teguh/Humas Pemkab Merangin)

KOMENTAR DISQUS :

Top