Jumat, 23 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Telah Usai, Jambi Dipuji dan Diharapkan Mengulang Temu Teater Se-Sumatera

Senin, 05 Agustus 2019 18:17:13 wib
Setelah Diskusi Peserta dan Panitia/Foto: Hendry Noesae/Jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Temu Teater Se-Sumatera, pada 2-4 Agustus 2019 telah selesai diselenggarakan oleh Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, peserta yang hadir menilai positif serta memberikan pujian untuk kesuksesan kegiatan namun juga berharap kembali diulang tahun berikutnya.

Ditutup pergelaran terakhir dari Teater Tonggak provinsi Jambi, para peserta mengulas juga menyampaikan rencana kedepan terhadap kegiatan Temu Teater Se-Sumatera maupun usulan lain-lain yang dapat mempertemukan lagi para penggiat teater di pulau Sumatera.

Dalam diskusi, 8 Komunitas dari dari 6 Provinsi kecuali Provinsi Lampung yang telah kembali ke daerah asal lebih dulu, memuji Jambi selaku tuan rumah telah berhasil mengadakan dengan baik sangat minim kelemahan dari berbagai sisi dari awal kedatangan hingga akan kembali pulang.

Walaupun apresiasi positif diberikan, peserta juga berharap dapat kembali berjumpa baik itu dalam bentuk Temu Teater Se-Sumatera atau berupa FGD (Forum Discussion Group) dengan catatan Jambi menjadi 'pilot' dan tuan rumah.

Tidak hanya itu, penggiat teater juga akan berupaya menyatukan visi misi agar Temu Teater Se-Sumatera mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Didin Sirojudin, S.Sn Kepala Taman Budaya Jambi UPTD Disbudpar Provinsi Jambi, menuturkan bahwa nanti akan ada pembicaraan lebih lanjut yang terpenting adalah memberikan ruang bagi seniman untuk menampilkan karya di Gedung Teater Arena.

"Saya selaku kepala TBJ sampaikan terima kasih atas apresiasinya, ini semua berkat kerja bersama secara kolektif TBJ dan seniman di Jambi, tentunya nanti akan ada pembicaraan lebih lanjut seperti apa bentuknya sehingga kita dapat kembali berjumpa. Kami akan bicarakan bersama teman-teman di Jambi. Namun gedung Teater Arena ini terbuka untuk seniman, silahkan yang terpenting prosedurnya kita penuhi," Ujar Didin.

Sementara itu Ketua pelaksana, Titas Suwanda, S.Pd menyampaikan rasa terima kasihnya atas respon dan apresiasi dari para peserta yang turut hadir dalam Temu Teater Se-Sumatera.

"Saya mewakili teman-teman, sampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas apresiasi dari rekan-rekan penggiat teater, sekaligus mohon maaf jika masih adanya kekurangan juga kelemahan disisi lain penyelenggaraan," Pungkas Titas.

Pada kegiatan yang berlangsung tiga hari tersebut, Temu Teater Se-Sumatera, 2-4 Agutus 2019 mengambil tema 'Alam Terkembang Menjadi Guru' mampu menyedot hampir 3000 orang menonton menyaksikan pergelaran 9 komunitas Teater dari 8 Provinsi di pulau Sumatera

 


(Hendry Noesae)

 

 

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top