Rabu, 19 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

TBJ dan Seniman Sajikan 'Sedekah Negeri' Wujud Syukur HUT Provinsi Jambi ke-63

Kamis, 09 Januari 2020 12:13:13 wib
Foto: Mulyadi/Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Para pelaku seni di Jambi yang digawangi oleh Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi, sajikan 'Sedekah Negeri' sebagai bentuk wujud syukur dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-63 tahun 2020.

Gelaran bertajuk malam Apresiasi Seni Melayu Jambi, berlangsung di Ratu Convention Center (RCC), Rabu (8/01/2020) malam. Gedung yang bisa menampung lebih dari 1000 orang tersebut, terlihat padat tidak hanya gubernur Jambi, Forkompimda namun juga masyarakat umum menyaksikan 'Sedekah Negeri' hasil kreativitas seniman Jambi.

"Sedekah Negeri, adalah bentuk rasa syukur dan suka cita kita karena telah mencapai usia 63 tahun. Kami menghadirkan seni-seni tradisi dari berbagai kabupatan dan kota, juga kreasi tari moderen mewakili anak-anak muda," Ungkap Didin Sirojudin S.Sn selaku Sutradara yang notabene juga Kepala TBJ saat ini.

Didin melibatkan para pemusik dan penari handal dibawah arahan Alex dan Andi Gomez, serta penata tari Ichalago dan banyak lagi "Sedekah Negeri juga bentuk kita mensucikan diri, atas nikmat yang kita dapat secara personal khususnya dan masyarakat Jambi umumnya. Jambi itu kaya dengan seni dan budaya, tentu kita harus mensyukurinya, melestarikan dengan cara mewarisi pada generasi muda agar tetap hidup juga tumbuh," Jelas Didin, kepada jambidaily.com

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, dalam sambutannya berpesan kepada semua pihak untuk senantiasa melestarikan dan mengembangkan seni budaya melayu Jambi, serta mempromosikannya ke tingkat nasional bahkan mancanegara melalui kerjasama diberbagai event. 

“Kita harus bangga dengan seni budaya melayu Jambi, karena ini merupakan seni budaya adi luhung yang memiliki kekhasan melayu Jambi. Mari bersama sama kita promosikan  seni budaya melayu Jambi. Kepada seluruh insan seni, khususnya seniman muda untuk terus berkarya dan memanfaatkan setiap peluang ekonomi kreatif di era industri 4.0 yang semakin kompetitif,” pungkas Fachrori Umar.

Tidak hanya memberikan kata sambutan, seisi gedung RCC dibuat riuh gemuruh karena Gubernur Jambi juga turut terlibat di panggung dalam pergelaran Sedekah Negeri.

Sedekah Negeri melibatkan pelaku seni muda hingga maestro dan berbagai komunitas yang ada, baik Teater, Tari, Musik, Komedian 'Wak Kocai' bahkan kelompok tradisi ini mampu menyedot perhatian serta decak kagum. Sebab sajian terasa ringan, atraktif, kental seni tradisi namun sarat pesan moral bagi generasi muda Jambi.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top