Rabu, 19 Februari 2020 |
Pendidikan & Teknologi - Jurnal Publik

Pertamina Hadirkan Fastron dan Enduro, untuk Kebutuhan Gaya Hidup Masa Kini Berkelas Dunia

Selasa, 21 Januari 2020 17:26:27 wib
Adji Alfaridzi, Juara 1 dan 2 untuk Kelas Bracket 11,5 detik, ajang Drag Race and Drag Bike Dalam Rangka HUT TNI pada 28 September 2019 di kota Jambi/Foto: Ist

JAMBIDAILY TEKNOLOGI/Artikel - OLI menjadi bagian penting yang tak mungkin bisa kita lepaskan dari setiap mesin penggerak terutama kendaraan, karena sifat dan kandungan lapisan-lapisan halusnya mampu mencegah goresan, bukan hanya berperan sebagai pelumas namun juga berfungsi sebagai pembersih ruang mesin, anti karat, pendingin dan penyekat. Sehingga benturan antar logam dengan komponen mesin dapat diminimalisir, pada akhirnya usia pakai mesin jauh lebih awet.

Tentunya kerja maksimal mesin akan bergantung pada Oli, salah pilih Oli akan memperpendek umur kendaraan kesayangan anda. Sebagian kita mengetahui begitu banyak merek oli yang ada dipasaran, namun sedikit pula yang mengetahui ada produk Oli asli buatan dan karya anak bangsa Indonesia bahkan mampu bersaing di pasar global masa kini. 

Sebelumnya sebagai informasi, dari beberapa sumber menyebutkan bahwa Oli terbagi dua jenis, yaitu: 

Oli Mineral
Oli mineral terbuat dari oli berbahan dasar (base oil) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat - zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin.

Oli Sintetis (Sintetik)
Oli Sintetis biasanya terdiri atas Polyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalah polyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif, senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigen sehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.

Pertamina Lubricants memberikan jawaban kebutuhan Oli bagi mesin kendaraan masyarakat Indonesia, ketangguhannya menjadikan Idola kendaraan untuk memenuhi gaya hidup masa kini sangat meyakinkan nantinya menjadi Oli masa depan, sebagaimana Visi Pertamina Lubricant "Menjadi Perusahaan Pelumas Kelas Dunia" melalui produk andalannya Fastron dan Enduro.

Menariknya Fastron dan Enduro, produk Oli yang paling mengerti dengan Indonesia karena didesain khusus sesuai kondisi jalanan, suhu, cuaca dan alam, termasuk faktor pengemudi. 

"Fastron dan Enduro sudah memiliki sertifikasi SNI, dan kedua pelumas sudah didesain sangat sesuai dengan kondisi jalanan indonesia, diantaranya adalah faktor kemacetan, temperatur udara, curah hujan dan kelembaban udara, karakter pengemudi dan lain sebagainya yang dapat menurunkan umur pakai dari pelumas kualitas yang biasa," Terang Intania Prionggo, Public Relation PT Pertamina Lubricants, kepada jambidaily.com (Selasa, 21/01/2020).

Belum cukup sampai disitu saja, Fastron dan Enduro memiliki kekentalan ganda berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan dengan level API  (American Petroleum Institute) tertinggi. Buktinya Fastron Synthetic Techno 10 W-40 menjadi salah satu produk unggulan di kategori Oli mobil, sehingga membuat PT Pertamina Lubricants mendapatkan dua penghargaan prestisius, yaitu Corporate Image Awards “Most Admired Companies” 2016 untuk keenam kalinya dalam kategori Lubricants dan Indonesia Original Brands 2016.

Disamping itu, Pertamina Lubricants melalui produk Fastron juga bekerja sama brand supercar Italia, Lamborghini "Fastron dan Enduro pun sudah memenuhi berbagai macam sertifikasi baik dari produsen-produsen mesin, maupun lembaga independen internasional," Ujar Intania.

Salah satu pembalap Drag Race, asal Kota Jambi, Adji Alfaridzi kepada jambidaily.com mengakui kemampuan dan performa Oli Enduro yang telah dibuktikannya saat mengikuti ajang Drag Race and Drag Bike Dalam Rangka HUT TNI pada 28 September 2019 bersama kendaraan miliknya Subaru BRZ berhasil meraih Juara 1 dan 2 untuk Kelas Bracket 11,5 detik.

"Memiliki berbagai keunggulan, antara lain dapat mencegah terjadinya slip pada kopling basah dan memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi. Saat saya mengikuti lomba menggunakan Oli Enduro Racing, sangat bagus. Tidak hanya mobil kalau sehari-hari saya mengendarai motor yang gunakan Oli Enduro, kekentalannya baik dan wangi pula. Enduro itu tangguh dan bisa menjadi Idola Kendaraan," Jelas Adji Alfaridzi

Selain pendapat raja lintasan di arena balapan, Agung Gumilar seorang karyawan swasta pengendara roda dua yang telah menggunakan Enduro lebih dari dua tahun merasakan manfaat produk Pertamina Lubricants "Saya sudah menggunakan Enduro dua tahun lamanya, aman-aman saja. Seher Vixion masih aman sampai sekarang, Enduro Top untuk kendaraan. Ini bisa memenuhi gaya hidup masa kini," Imbuhnya tersenyum.

Tidaklah menutup mata, persaingan akan produk sejenis bukanlah hal yang mudah dihadapi Pertamina Lubricants. Inovasi pun terus dilakukan dengan cara menghadirkan Fastron Eco Green khusus untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC) atau dikenal juga kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2).

"Tentunya saat ini persaingan semakin kuat, dan mempertahankan pasar menjadi tantangan besar. tentunya berinovasi dengan produk baru, yang baru saja kita luncurkan yakni produk FASTRON ECO GREEN khusus untuk mobil LCGC, melakukan aggresive marketing, memperluas jangkauan pasar sampai ke luar negeri, mentransformasi sistem secara digital," Pungkas Intania Prionggo.

Fastron dan Enduro, memiliki beragam varian yang sesuai dengan kondisi dan jenis kendaraan Anda, baik manual maupun matic. Bagaimana dengan Anda, apakah masih ragu dengan keunggulan Fastron dan Enduro,? karya anak bangsa Indonesia, Oli terbaik produk PT Pertamina Lubricants.


Tentang Pertamina Lubricants
PT Pertamina Lubricant anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013. Dengan tujuan dapat meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri. Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri.

PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

Kegiatan usaha yang dijalankan sesuai dengan Anggaran Dasar terakhir Perusahaan adalah:

  1. Melaksanakan kegiatan produksi dan pengolahan pelumas, grease, specialties  product, dan base oil serta bahan baku pelumas, grease, specialties product dan base oil dalam arti kata seluas- luasnya termasuk penyediaan prasarananya.
  2. Melaksanakan kegiatan perdagangan ekspor maupun impor pelumas, grease, specialties product dan base oil serta bahan baku pelumas, grease, specialties product dan base oil.
  3. Melaksanakan kegiatan pengangkutan, penyimpanan, penyaluran, distribusi dan pemasaran pelumas, grease, specialties product dan base oil serta bahan baku pelumas, grease, specialties product dan base oil dalam arti kata seluas-luasnya termasuk penyediaan prasarananya.
  4. Melaksanakan kegiatan jasa produksi, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, penyaluran, distribusi dan pemasaran pelumas, grease, specialties product dan base oil serta bahan baku pelumas, grease, specialties product dan base oil.
  5. Menyelenggarakan kegiatan usaha lainnya yang secara langsung maupun tidak langsung terkait atau menunjang kegiatan usaha dari keempat point diatas.

 

 

 

Ditulis Oleh: 
Hendry Nursal

KOMENTAR DISQUS :

Top