Selasa, 17 September 2019 |
Wisata & Budaya

Penonton 'Menggila' di TBJ, Hari Kedua Temu Teater Se-Sumatera

Sabtu, 03 Agustus 2019 21:44:29 wib
Tua di Tui (B3MIME)/Foto: Hendry Noesae/Jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Hari kedua (Sabtu, 03/08/2019) gelaran Temu Teater Se-Sumatera tahun 2019, antusiasme penonton 'menggila' saksikan pergelaran dari 3 Provinsi di Taman Budaya Jambi (TBJ).

Kehebohan dan ramainya penonton sudah terlihat pada materi pertama, pukul:16.00 Wib hadir dari provinsi Riau, Teater Selembayung, Berjudul 'Situs' berhasil mengangkat terbenamnya Candi Muara Takus.

Dalam Situs juga simbol dari nurani yang menjadi bagian penting dari jasad dan ruh, namun jarang sekali disentuh, diajak berbincang, dan bercengkrama. Nurani bak situs Candi Muara Takus yang dibiarkan membisu dalam kecamuk gegap gempita pembangunan, terutama di Riau, apalagi Nusantara. Salah satu candi tertua di Pulau Sumatera, peninggalan Kerajaan Sriwijaya itu bak nurani manusia yang lupa daratan karena tercerabut dari tanah (rahim ibunya).

Namun materi kedua dan ketiga, di malam hari, penonton semakin ramai dan memenuhi Gedung Teater Arena berkapasitas 300 orang, dari pantauan jambidaily.com tidak kurang dari 600 pasang mata menyaksikan aksi Teater Potlot asal Palembang, Berjudul Talang Tuwo Glosarium Project.

Teater Potlot, sukses membius penonton dengan tampilan atraktif membuka Memori rawa gambut dan keterdesakan masyarakat lebak (manusia Rawang) akibat pengelolaan bentang alam (lanskap) yang lebih berorientasi ekonomi, menjadi fokus dalam penelitian Teater Potlot. Sejarah hadir pada kondisi aktual sebuah keluarga (interview beberapa narasumber), serta merekam hilangnya identitas masyarakat adat akibat proses migrasi dan deforestasi.

Lalu Penonton yang didominasi oleh pelajar asal MAN Negeri 2 Jambi dan SMA Negeri 5 kota Jambi tersebut, tetap bertahan hingga usai pergelaran asal Padang Panjang provinsi Sumatera Barat, Komunitas B3MIME, berjudul Tua di Tui.

Tua di Tui, menceritakan bagaimana kepedihan dan penderitaan pekerja yang berada dalam wilayah pertambangan di bukit Tui. B3MIME hadir dengan cara pantomim namun sangat kental tradisi, adanya sentuhan Tari Randai.

Kalau belum menonton,? tenang masih ada satu hari lagi (Minggu, 04/08/2019), Gratis pada Pukul: 16.00 Wib, Teater Rumah Mata, Medan-Sumatera Utara. Pukul: 19.00 Wib, Prodi Seni Teater ISBI, Aceh. Pukul: 20.30 Wib, Teater Tonggak, Jambi.

Jangan sampai tidak kebagian tempat duduk ya,? datanglah lebih awal

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:
Hari Ini, Tiga Provinsi di Sumatera Akan 'Adu Panggung'

KOMENTAR DISQUS :

Top