Selasa, 10 Desember 2019 |
Pendidikan & Teknologi

FJM Berkunjung ke Stasiun Pengumpul Pertamina EP, SKK Migas Umumkan Juara Jurnalistik 2019

Selasa, 05 November 2019 16:28:04 wib
Para Pemenang Karya Jurnalistik SKK Migas Sumbagsel-KKKS dan FJM Jambi 2019

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), berkunjung (Field Trip) ke Stasiun Pengumpul Pertamina EP di Dusun Sungai Serandi, Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi (Selasa, 05/11/2019).

Di kegiatan tersebut, wartawan yang tergabung di FJM berkesempatan melihat secara dekat, stasiun pengumpul yaitu tampat tujuan dari hasil 12 sumur aktif dalam kawasan Kabupaten Muaro Jambi. Stasiun pengumpul menjadi lokasi pemisahan antara minyak dan air yang didapat dari perut bumi, sebelum masuk ke Stasiun Pengumpulan Utama Pertamina EP Jambi.

Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Ari Pangeran, di Stasiun Pengumpul dapat melihat siklus minyak, wartawan bisa mendapat gambaran bagaimana sumur minyak itu mengalir dari sumur awal, sampai ke fasilitas pemisahan. Lalu dikirim ke stasiun pengumpul utama Kenali Asam, dilanjutkan ke Tempino, dan akhirnya dikirim ke Plaju, provinsi Sumatera Selatan.

"Jadi nanti teman-teman FJM yang saya banggakan, nanti bisa mendapatkan gambaran komprehensif mengenai olah produksi Migas, khususnya untuk minyak. Nanti bisa dilihat bagaimana pemisahannya, sampai minyak itu bisa siap dikirimkan," jelas Andi Ari Pangeran.

Andi Ari Pangeran yang biasa Aap tersebut, dari penjelasannya dihadapan peserta FJM, bahwa meski beban kerja yang sangat berat, menguras tenaga dan konsentrasi. Pihak stasiun pengumpul, tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar perusahaan.

Turut hadir dari SKK Migas, Staff Humas yaitu Fian dan Tania, Pertamina EP Jambi, Gondo Irawan; Jambi Field Manager, Ari Rachmadi; Jambi Legal & Relation Asst. Manager, dan lainnya. Sementara itu wartawan mendapat penjelasan langsung setiap proses dan sarana prasarana sekaligus kegunaannya dari bagian teknis, yaitu Benny Kawira.

"Teman-teman kontraktor kontrak kerja sama ini menjaga lingkungannya, karena seperti yang kita lihat contohnya disini, walaupun minyak tapi mereka sangat konsen mengenai hijaunya lingkungan di daerah sekitar operasi, itu penting," Pungkasnya.

Tidak hanya Pertamina EP Jambi, hadir juga KKKS Jambi, yaitu Lasno Comdev PetroChina International Jabung Ltd, juga unsur manajemen lainnya. Serta Mandala Energy, MontD'Or Oil Tungkal Ltd, Pertamina Asset 1 Jambi Field, dan lainnya.

"Disini adalah stasiun pengumpul Sungai Gelam, teman-teman pasti bisa melihat bagaimana kami juga menjaga seputaran stasiun ini tetap hijau dan terjaga tumbuh-tumbuhan. Kami tentunya selalu berkomitmen ramah lingkungan dan harus menjaganya dengan baik. Terima kasih telah berkunjung bersama teman-teman SKK Migas Sumbagsel," Ungkap Gondo Irawan, saat menyampaikan kata sambutan.

Field Trip, rangkaian kegiatan FJM bersama SKK Migas-KKKS di tahun 2019, sebelumnya yaitu Media Kompetisi Lomba Photography SKK Migas, Peserta juga Mendapat Workshop oleh seorang photografer Freelance profesional, Hendi Fresco di kota Jambi; kemudian terbaru tahun 2019 Media Gathering di Kabupaten Kerinci, Pelatihan dasar Drone (Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak, adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh-red) dan seminar serta lomba jurnalistik.

Sebagai penutup, SKK Migas-KKKS mengumumkan hasil lomba Jurnalistik yang bertema "Efek Berganda SKK Migas" bahwa bukan hanya DBH (dana bagi hasil) Migas saja, Industri hulu migas ternyata memiliki banyak kontribusi bagi kemajuan daerah seiring program-program pokok yang dicanangkan oleh pemerintah daerah, khususnya di sektor-sektor: ekonomi, budaya, lingkungan, pendidikan, kesehatan. Misalkan kontribusi hulu migas pada penguatan perekonomian masyarakat, penguatan pendidikan, pembinaan kelompok tani atau UMKM, sosial dan lainnya.

Para pemenang lomba karya tulis tersebut langsung disampaikan oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Andi Arie Pangeran. "Ada 30 peserta dalam lomba dan kami melibatkan SKK Migas pusat untuk memberikan penilaian. Selamat kepada pemenang," Ujar Andi Ari Pangeran.

Sementara itu Ketua FJM Jambi, Mursyid Sonsang menegaskan kepada seluruh peserta untuk penilaian murni dari SKK Migas tanpa ada campur tangan pihak lain.

"Bicara karya itu adalah Independensi dan kami dari pengurus FJM tidak ikut campur memberikan penilaian ataupun intervensi terhadap karya yang dilombakan, saya serahkan sepenuhnya kepada SKK Migas," Tandas Mursyid Sonsang.

SKK Migas menetapkan 7 pemenang dari 30 peserta yang mengikut, Berikut hasil lomba dan para juara, yaitu:
1. Dodi Saputra, dari Media online Antara 
2. Hendry Nursal, Media online Jambidaily.com 
3. Andhika, Media Televisi Jambi Ekspres TV (Jektv) 
4. Raden Deni, media cetak Batanghari Ekspres
5. Ikmal Mardiansyah dari Media Cetak Tanjab Ekspres
6. Ikbal Ferdiyal media online Metrojambi.com
7. Nanang dari media cetak Mediator

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top