Kamis, 09 April 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Kenalkan Sejarah PETA

Senin, 17 Februari 2020 21:22:16 wib
JAMBIDAILY BELU - Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ kenalkan sejarah Peta (Pembela Tanah Air) kepada anak-anak di wilayah perbatasan yang berada di Dusun Sakafini Desa Tohe Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan metode belajar sambil bermain.

Nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, yang sekarang merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki sejarah perjuangan-perjuangan yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan Kemerdekaan, dan sejarah-sejarah Bangsa Indonesia tersebut harus mulai ditanamkan kepada anak-anak Bangsa sejak usia dini, agar mereka dapat menerima pengetahuan sejarah yang sebenar-benarnya dalam menghargai sejarah Bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.selaku Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Minggu (16/2/2020).

Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan bahwa Personel Satgas yang berada di Pos Nunura memberikan pengetahuan tentang sejarah PETA (Pembela Tanah Air) kepada anak-anak di perbatasan dengan cara belajar sambil bermain. "Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian personel kami yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan terhadap masyarakat yang ada di sekililing mereka," ungkap Ikhsanudin.

Disamping melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga memberikan bantuan tenaga pengajar kepada anak-anak perbatasan guna memberikan pengetahuan serta membentuk karakter generasi penerus Bangsa. "Masyarakat Desa Tohe telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengisi waktu luang anak-anak dengan hal-hal yang bermanfaat, salah satunya memberikan pengetahuan tentang Bela Negara & Wawasan Kebangsaan, dengan tujuan agar mereka lebih disiplin, memiliki sikap rasa cinta Tanah Air yang tinggi serta rela berkorban untuk Bangsa dan Negara," imbuhnya.

Pemberian pembekalan untuk menanamkan sikap cinta tanah air ini dipimpin langsung oleh Serda Irwanto selaku Wadanpos Nunura beserta 4 orang personel lainnya, materi yang diberikan berupa belajar menyanyikan lagu-lagu Nasional, pengetahuan tentang sejarah PETA serta dilanjutkan dengan bermain," tegas Ikhsanudin. "Prajurit TNI dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dengan sabar dan penuh canda dalam memberikan materi pembekalan yang disertai dengan bermain, hal ini bertujuan agar metode yang diberikan oleh personel Pos Nunura dapat dengan mudah diterima oleh anak-anak," ungkap Perwira Melati Dua ini.

Pada kesempatan lain, Warga Desa Tohe Meranus Robi (10) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Nunura atas pemberian materi sejarah tersebut. "Terima kasih bapak TNI yang telah memberi kami pelajaran tentang sejarah khususnya PETA (Pembela Tanah Air) di sini," ucap Meranus Robi sambil tersenyum.

Sementara itu, Pratu Sutrisno salah seorang personel Pos Nunura yang selaku penyampai materi, menyampaikan tanggapannya atas kegiatan tersebut.

Kegiatan yang kami lakukan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat di wilayah perbatasan dan memberikan pengetahuan tentang sejarah Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. "Kami juga menanamkan rasa cinta tanah air, sehingga diharapkan para generasi penerus Bangsa yang ada di perbatasan tetap mengetahui sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan," tambah Sutrisno.

KOMENTAR DISQUS :

Top