Jumat, 23 Agustus 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Benarkah Bercinta Lebih Cepat Sembuhkan Sakit?

Jumat, 09 Agustus 2019 22:03:33 wib
Bercinta saat sedang sakit/Foto: iStock

JAMBIDAILY INTIM, Kesehatan - Saat sakit bikin badan terasa enggak enak. Jangankan untuk makan, bangun dari tempat tempat tidur pun rasanya malas ya, Bun. Apalagi memikirkan untuk bercinta nih. 

Tubuh yang sedang tidak fit memang biasanya mengganggu mood bercinta. Meski hasrat untuk bercinta sudah di ubun-ubun, tetap saja ya, Bun, praktiknya tidaklah terwujud. Meringkuk sambil tarik selimut lebih jadi pilihan.

Nah, berbicara soal bercinta ketika sakit, banyak asumsi yang beredar mengatakan kalau hubungan intim dengan pasangan justru membuat sakit jadi cepat hilang. Tetapi benar enggak sih, Bun, persepsi tersebut?

Melansir Mednews, salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychology Report menemukan bahwa seseorang yang melakukan hubungan seks sekali atau dua kali seminggu, akan memiliki kadar protein 30 persen lebih tinggi, immunoglobulin (IgA) yang melawan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak berhubungan seks.

Di luar itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa pelukan dan berciuman juga dapat meningkatkan kadar IgA seseorang bahkan ketika itu tidak sampai berakhir dengan hubungan seks. 

Ya, tak dipungkiri seks memang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi, ketika berhasil mencapai orgasme dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi tentunya ini berlaku ketika tubuh sedang fit ya, Bun. Sementara ketika sedang sakit tentu saja imunitas tubuh terganggu. Sehingga, sangatlah bijak untuk sejenak beristirahat.

Seperti dikatakan Dr Jeffrey Walden dari Cone Health Medical System bahwa saat gejala seperti batuk, nyeri otot, dan terutama demam lebih berisiko baik untuk diri sendiri, maupun pasangan. Sehingga, disarankan untuk sebaiknya menunda berhubungan seks dulu.

"Yang terbaik adalah menghindari aktivitas seksual jika Bunda atau pasangan mengalami demam tinggi. Tentu Bunda ataupun pasangan tidak ingin mengambil risiko untuk menularkan potensi penyakit satu sama lain bukan?"ujarnya seperti dikutip dari Bustle.

Mengenai hubungan intim yang dianggap dapat membantu menyembuhkan tubuh saat sakit, memang aktivitas ini sering diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga mengurangi risiko penyakit. Tetapi, dalam satu penelitian terlihat bahwa mereka yang memiliki aktivitas seksual lebih sering memiliki kadar IgA level yang lebih tinggi yakni aktibodi yang ditemukan dalam air liur dan cairan tubuh lainnya, yang membantu seseorang melawan jenis penyakit tertentu.

Akan tetapi, sangatlah terlambat untuk memulai efektivitas sistem kekebalan tubuh dengan bercinta ketika seseorang sudah sakit, kata Dr Walden. 

"Pada saat sakit, istirahat dan pemulihan merupakan hal paling penting. Dengan cara ini, tentunya perlu dipahami bahwa bercinta lebih bersifat preventif daripada kuratif,"tambahnya.

Semoga membantu, Bun.

 

(rap/rap)/haibunda.com

KOMENTAR DISQUS :

Top